Home Articles Tips Membeli Rumah Bekas

Tips Membeli Rumah Bekas

Dafamland - Monday, August 21, 2017
Jika Anda ingin membeli rumah bekas sebaiknya Anda perlu lebih teliti dalam memeriksa kondisi rumah. Anda harus lebih cermat dalam penilaian karena kondisi fisik rumah yang sudah dimakan waktu. Jangan mudah percaya dengan pendapat pihak ketiga, karena nantinya Anda yang akan tinggal di rumah tersebut. Berikut adalah beberapa tips untuk Anda sebelum membeli rumah bekas.

  1. Jangan mudah tertipu dengan tampian luar rumah. Anda harus cermat saat memeriksa kondisi rumah dan perhatikan jika ada hal-hal penting yang seharusnya diketahui. Anda dapat mengajak teman yang mengerti tentang kelayakan bangunan, misalnya seorang arsitek atau ahli properti. Jangan lupa untuk memeriksa ketahanan dinding. Periksa jika ada keretakan, cat terkelupas atau kelembaban yang disebabkan oleh bocornya saluran air.
  2. Jangan lupa untuk memeriksa usia efektif bangunan. Usia efektif dilihat dari kapan terakhir direnovasi sehingga meremajakan usia bangunan itu sendiri.Perhatikan juga apakah renovasi tersebut hanya renovasi eksterior atau renovaso seluruh bangunan.
  3. Perhatikan ventilasi dan sirkulasi di dalam rumah. Pencahayaan yang cukup menjadi faktor penting. Jika banyak cahaya yang masuk ke dalam rumah Anda maka Anda dapat menghemat biaya listrik. Jika sirkulasi udara tidak begitu baik, rumah akan cepat lembab dan memicu jamur dan rayap menyerang rumah Anda. 
  4. Hal lain yang perlu Anda perhatikan juga adalah ketersediaan air. Sumber air bersih bagi rumah tangga adalah hal yangsangat penting, sehingga hal ini tidak boleh dilupakan dalam daftar pemeriksaan Anda saat akan membeli rumah bekas. Jika rumah Anda memiliki banyak titik air, coba nyalakan beberapa pada saat yang sama, untuk memeriksa ketersediaan air.
  5. Utilitas lain yang Anda juga harus pastikan adalah rumah memiliki daya listrik yang baik dan berfungsi baik dari PLN. Jika meteran listrik rusak, bisa saja Anda membayar denda yang tidak murah. Begitu juga dengan sambungan telepon.
  6. Setelah merasa tidak ada masalah dengan kondisi fisik bangunan, lanjutkan dengan mengecek status kepemilikan rumah.Surat-surat yang perlu Anda periksa antara lain adalah surat izin mendirikan bangunan (IMB) dan sertifikat kepemilikan atau hak atas tanah (SHM atau SHGB). Apabila status rumah sedang dalam status sengketa, lebih baik Anda selesaikan permasalahan tersebut terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membelinya. Periksa dengan seksama riwayat rumah yang ingin Anda beli jika tidak ingin ada masalah dikemudian hari.

Post has no comments.

Post a Comment





Captcha Image

Our Company

Dafamland adalah perusahaan swasta yang bergerak di bidang pengembangan properti mulai dari perumahan, komersial, dan juga hotel & resort.

More about us