Home Articles Tips Jadikan Cat Rumah Awet dan Tahan Terhadap Perubahan Cuaca

Tips Jadikan Cat Rumah Awet dan Tahan Terhadap Perubahan Cuaca

Dafamland - Tuesday, December 05, 2017

Cover: http://dafamland.com/residential/gaia-residence-semarang

Saat ini perubahan cuaca sedang tidak menentu, seminggu panas terik, lalu tiba-tiba hujan di akhir pekan. Perubahan cuaca tersebut tentunya berdampak pada rumah kita, khususnya pada cat dinding luar. Cat dinding luar menjadi lebih cepat rusak, seperti cat yang cepat pudar, mengelupas, bahkan berjamur. 

Sebenarnya, kerusakan cat akibat perubahan cuaca bisa diantisipasi dengan beberapa cara yang sederhana dan mudah. Untuk tahu bagaimana caranya, Anda bisa menyimak artikel singkat Dafamland berikut ini, ya!

1. Bersihkan Dinding Sebelum Melakukan Pengecatan

Sumber: http://ramsdenpainting.com/clean-painted-walls/

Sumber: https://asripaint.files.wordpress.com

Sebelum melakukan pengecatan, Anda harus memastikan dinding bersih dan tidak ada kotoran. Bersihkan dahulu kotoran yang menempel dengan mengelap dinding menggunakan kain basah dan sabun. Sedangkan untuk dinding yang berlumut atau berjamur, dapat dibersihkan dengan menyiramkan air kaporit untuk membunuh benih-benih jamur. 

2. Pilihlah Cat Khusus Eksterior yang Baik

Sumber: https://ecs7.tokopedia.net

Sumber: https://www.bersihpedia.com/page/7

Banyak orang menggunakan cat interior untuk kebutuhan dinding luar rumah, padahal sebenarnya kualitas cat interior berbeda dengan cat eksterior. Cat eksterior memiliki beberapa kelebihan yang tak dimiliki cat interior, seperti kualitas warna yang lebih bagus, anti UV, anti lumut, dan jamur. Cat eksterior juga harus memiliki fungsi weather resistance (tahan terhadap perubahan cuaca). Umumnya, cat eksterior yang baik selalu memiliki label free lead and mercury, low volatile organic compound, atau green label, yang berarti ramah lingkungan.

Agar tidak salah memilih cat eksterior, cobalah untuk memilih cat dengan mempertimbangkan kredibilitas mereknya. Anda bisa berkonsultasi dengan pemborong atau tukang bangunan, serta tidak ada salahnya memanfaatkan forum di internet untuk mendapatkan rekomendasi merek cat yang baik.

3. Pastikan Dinding dalam Kondisi Benar-Benar Kering

Sumber: edupaint.com

Sumber: www.familyhandyman.com

Pastikan dinding dalam keadaan kering saat Anda memulai pengecatan. Permukaan dinding yang kering membuat cat lebih mudah meresap, sehingga hasilnya lebih sempurna. Untuk memastikan apakah permukaan dinding dalam kondisi kering, Anda bisa menggunakan kertas alumunium foil. Caranya cukup mudah, potong kertas alumunium foil berukuran 20x20 cm, lalu tempelkan menggunakan perekat seperti selotip pada dinding yang akan dicat. Tunggu selama beberapa hari, lalu perhatikan apakah ada bercak pada kertas alumunium foil. Kalau tidak ada bercak pada kertas tersebut maka tembok sudah benar-benar kering dan layak untuk pengecatan.

Ada baiknya Anda melakukan pengecatan pada musim kemarau, karena proses pengecetan yang dilakukan pada musim hujan membuat lapisan cat mudah terkelupas dan rusak karena terbawa air hujan. Disamping itu pengecatan pada musim hujan sangat tidak disarankan, karena dinding luar anda pasti lembab dan sangat mudah berjamur. Jadi untuk hasil cat yang lebih awet, pastikan untuk mengecat rumah Anda pada musim kemarau.

4. Gunakan Teknik Pengecatan yang Benar

Sumber: http://diy.sndimg.com/

Sumber: http://www.ehcusa.com/commercial-cleaning-services/painting/

Teknik pengecatan pun harus diperhatikan, sebab hal ini akan berpengaruh pada kondisi permukaan dinding, karena teknik pengecatan yang tidak benar beresiko membuat cat mudah mengelupas, alias tidak awet. Usahakan untuk mengoles kuas cat satu arah secara konsisten agar awet, misalnya dari atas ke bawah, kanan ke kiri, dan sebaliknya. Teknik ini dapat membuat permukaan dinding menjadi lebih rapi dan hasil catnya lebih merata. Ada baiknya jika melakukan pengecatan dari bagian yang paling sulit, seperti bagian-bagian dekat atap, dan sudut-sudut dinding, kemudian baru Anda bisa mengerjakan bagian yang lebih mudah. 

Setelah proses pengecatan selesai, pastikan bahwa cat mengering dengan baik. Jangan lupa untuk hindarkan area yang catnya masih basah dari jangkauan anak-anak atau hewan peliharaan, yang bisa jadi mengacaukan hasil cat Anda.

Demikian beberapa tips agar cat rumah awet, dan tahan terhadap cuaca. Semoga beberapa tips Dafamland bisa diaplikasikan dengan baik di rumah Anda, ya!

Post has no comments.

Post a Comment





Captcha Image

Our Company

Dafamland adalah perusahaan swasta yang bergerak di bidang pengembangan properti mulai dari perumahan, komersial, dan juga hotel & resort.

More about us