Home Articles Salahkah Arah Letak Rumah Anda?

Salahkah Arah Letak Rumah Anda?

Dafamland - Thursday, February 08, 2018

Gambar 1. Cahaya matahari 
Sumber: www.pinterest.com

Salah satu pertimbangan saat akan membeli atau membangun rumah adalah menentukan arahnya. Hal ini menjadi penting karena akan mempengaruhi intensitas cahaya matahari yang masuk ke dalam rumah. Cahaya matahari yang terlalu banyak menyebabkan rumah terasa panas, khususnya di siang hari. Sebaliknya jika kekurangan cahaya matahari, rumah menjadi lembab dan tidak sehat.

Tak perlu khawatir jika pada akhirnya rumah Anda tidak menghadap ke arah yang dikehendaki. Anda bisa menyiasatinya dengan penataan ruang yang menyesuaikan arah datangnya matahari. Berikut adalah penjelasan singkat yang bisa Anda jadikan referensi sebagai solusi arah rumah Anda.

Rumah Menghadap Selatan

Rumah yang menghadap ke Selatan banyak direkomendasikan. Hal ini dikarenakan sinar matahari yang lebih condong ke arah utara membuat bagian depan rumah khususnya teras menjadi lebih teduh, sehingga cocok untuk area bersantai. Matahari pagi akan menerpa rumah bagian belakang, oleh karena itu area ini cocok dijadikan area untuk menjemur pakaian. Rumah menghadap ke arah selatan dianggap paling ideal karena letaknya memungkinkan seluruh bagian rumah disinari matahari, sehingga kelembabannya terjaga. 

Rumah Menghadap Utara

Gambar 2. Teras rumah dengan tanaman rambat untuk meminimalisir cahaya matahari berlebihan 
Sumber: https://www.architecturaldigest.com

Kebalikan dengan rumah yang menghadap ke selatan, rumah yang menghadap ke utara akan banyak menerima cahaya matahari pagi di bagian depan/teras. Jika cahaya matahari yang masuk rumah dirasa terlalu maksimal, Anda bisa mengimbanginya dengan menanam pohon dan tanaman rambat atau memasangan kanopi. Area belakang yang cenderung teduh tidak akan cocok untuk area berjemur, oleh sebab itu sisakan area rumah bagian timur atau barat untuk tempat menjemur. 

Rumah Menghadap Timur

Keuntungan memiliki rumah yang menghadap ke arah timur adalah cahaya matahari pagi bisa diakses oleh penghuni rumah secara langsung. Kelemahannya adalah semakin siang, suhu rumah akan semakin panas karena matahari bergerak keatas. Siasati dengan pembuatan taman kecil di depan rumah, penggunaan kanopi, atau pembuatan atap yang dimodifikasi dengan kemiringan sudut tertentu untuk mengurangi intensitas cahaya matahari yang menyengat.

Rumah Menghadap Barat

Gambar 3. Rumah menghadap Barat
Sumber: http://www.childatheartartgallery.com/kenali-keunggulan-dan-kekurangan-letak-arah-rumah/

Letak rumah yang menghadap barat sangat jarang direkomendasikan, karena rumah bagian depan tidak akan mendapatkan sinar matahari di pagi hari. Anda bisa menyiasatinya dengan membuat ruang terbuka atau taman belakang yang bisa mengakses cahaya matahari pagi secara langsung. Pastikan Anda menggunakan cat dan kusen pintu yang tahan terhadap cuaca panas di area ini. Maksimalkan juga penggunaan jendela di sisi rumah bagian barat dan timur untuk sirkulasi udara agar rumah tidak lembab.

Arah letak rumah yang tepat memang berpengaruh pada kesehatan rumah. Kalaupun arahnya tidak sesuai dengan yang Anda inginkan, berfikirlah kreatif untuk mendapatkan solusinya. Selain menyiasatinya dengan beberapa tips diatas, Anda bisa menggunakan jasa desainer interior atau arsitek rumah, untuk membantu penataan rumah sesuai arah letaknya. Jangan lupa perbanyak referensi penataan rumah yang cocok untuk diterapkan di rumah Anda, ya! 

Post has no comments.

Post a Comment





Captcha Image

Our Company

Dafamland adalah perusahaan swasta yang bergerak di bidang pengembangan properti mulai dari perumahan, komersial, dan juga hotel & resort.

More about us