Home Articles 5 Tanaman Hias sebagai Filter Udara di Rumah

5 Tanaman Hias sebagai Filter Udara di Rumah

Dafamland - Tuesday, January 16, 2018

Sumber: www.simplyfutbol.com

Memelihara tanaman hias di dalam rumah adalah salah satu cara untuk memberi kesan agar ruangan terlihat hidup dan segar. Selain itu, peletakan dan pemilihan tanaman hias yang tepat juga bisa mempercantik dan menonjolkan area rumah Anda. Selain untuk memperindah ruangan, beberapa tanaman hias berikut ini ternyata memiliki banyak manfaat yang mungkin belum pernah Anda ketahui sebelumnya.

1. Lidah Buaya 

Sumber: www.brit.co

Lidah buaya atau yang biasa disebut dengan aloe vera merupakan tanaman yang memiliki segudang manfaat. Mulai dari lendirnya yang bisa digunakan untuk meredakan luka bakar, sampai daging buahnya yang bisa dikonsumsi. Namun siapa yang sangka bahwa lidah buaya juga bisa mendeteksi kualitas udara di rumah Anda. Lidah buaya akan mengeluarkan bintik-bintik hitam di sepanjang daunnya apabila kualitas udara disekitar mengandung banyak zat-zat berbahaya. Lidah buaya terbukti mampu menyerap karbondioksida, formaldehidamonoksida serta karbon monoksida yang ada diudara. Kelebihannya yang mampu menyerap polusi gas dalam ruangan menjadikan tanaman ini sangat cocok diletakkan di kamar untuk meningkatkan kualitas tidur Anda.

2. Sirih Belanda

Sumber: www.lushecom.au

Tanaman yang memiliki nama latinscindapsus aureusini mampu menyerap kandunganformaldehidasebanyak 1.49 gram yang ada di dalam ruangan.Formaldehidaadalah kandungan yang terdapat pada asap rokok. Selain itu Sirih Belanda juga mampu menyerap sebanyak 90% zatbenzenayang dihasilkan dari sisa pembakaran yang biasanya ada di pabrik. Manfaatnya yang sangat baik sebagai pembersih udara, membuat tanaman ini sangat cocok jika ditanam dirumah, maupun perkantoran.

3. Kaktus 

Sumber: www.wartaku.net

Bagi Anda yang sehari-hari mengabiskan waktu di depan layar komputer atau hobi menonton TV bersama keluarga, ada baiknya jika Anda mulai memelihara kaktus dan meletakkannya di samping layar monitor atau TV rumah Anda. Menurut penelitian dari Institut Geobiologi di Chardonne Swiss, tanaman kaktus dapat menyerap radiasi dari layar komputer atau TV, sehingga dapat mengurangi sakit kepala dan keletihan berlebih. Selain dapat mengurangi radiasi, kaktus juga mampu menghilangkan bakteri dan menyerapkarbon dioksida di dalam ruangan pada malam hari dan dilepaskan sebagai oksigen di pagi hari.

4. English Ivy

Sumber: www.goodhousekeeping.com

English Ivy atau yang sering disebut common ivy adalah sejenis tanaman yang cocok dipelihara oleh Anda yang memiliki alergi terhadap debu. Tanaman ini mampu menyerap partikel debu dan bulu-bulu halus penyebab alergi. English ivy merupakan jenis tanaman yang merambat sehingga pastikan Anda merawat dan menyiangi daun dan tangkainya ketika Anda menempatkan tanaman ini didalam rumah. Siasati dengan meletakkannya di pot gantung atau letakkan di atas rak bertingkat pada pojok ruangan. Agar lebih menarik, gunakan pula planter yang sesuai dengan dekorasi rumah Anda.

5. Areca Palm

Sumber: www.guiadejardineria.com

Areca palm memiliki nama latin chrysalidocarpus lutescens, yaitu sejenis tanaman palem yang daunnya agak keras dan beruas-ruas. Tanaman ini sangat cocok diletakkan di ujung ruangan, dengan ukuran pot yang besar. Areca palm adalah tanaman yang mampu menghilangkan racun di udara dan menjaga tingkat kelembabannya. Tanaman ini juga tahan terhadap hama dan mudah dirawat.

Sesuaikan jenis tanaman hias yang ingin Anda tempatkan di dalam rumah dengan interior ruangan Anda. Cobalah untuk mengaplikasikannya di ruangan lain seperti kamar tidur, toilet, teras, atau dapur. Selamat mencoba! 

Post has no comments.

Post a Comment





Captcha Image

Our Company

Dafamland adalah perusahaan swasta yang bergerak di bidang pengembangan properti mulai dari perumahan, komersial, dan juga hotel & resort.

More about us